Rabu, 06 April 2011

Nenek-Nenek Berjuang Ikut Kejuaran "Piala Dunia"

Semangat juang para nenek-nenek ini tampaknya tidak pernah surut. Saat ini pun mereka tengah mempersiapkan diri untuk kejuaraan "Piala Dunia" yang akan disegera diselenggarakan.

Para nenek-nenek yang rata-rata berusia sekira 50-80 tahun ini diberi nama Vakhegula Vakhegula atau Kelompok Nenek. Kelompok manula ini berasal dari wilayah utara di Afrika Selatan.

Tim ini pertama kali dibentuk oleh Beka Ntsanwisi seorang anggota dari komunitas pekerja sekira lima tahun yang lalu. Tujuan awalnya hanya untuk membuat mereka lebih sehat dan bugar. Tapi seiring berjalan waktu, ternyata program ini sukses, sehingga diputuskan untuk mengikuti kejuaraan yang sedianya digelar di Lancaster, Michigan, Amerika Serikat.



"Kami diundang untuk bermain di Amerika pada 13-18 Juli untuk kejuaraan Veteran Cup. Tantangan yang kami hadapi saat ini adalah, kami tidak punya uang untuk berangkat ke sana," ujar Ntsanwisi.

Tapi apapun nanti yang terjadi para nenek-nenek ini tidak menyesal, walaupun mereka tidak bisa berangkat dan berpartisipasi pada "Piala Dunia" versi manula tersebut. Bermain bola, walaupun sambil mengenakan celemek setelah mereka mengerjakan pekerjaan rutinnya, bagi mereka adalah hal yang telah mengubah hidup mereka.

Onica Ndzovela usia 77 mengatakan, sebelumnya ia mengalami sakit punggung dan gangguan dengkul sebelum bergabung dengan tim pada tiga tahun yang lalu.

"Saat ini saya merasa lebih segar, saya tidak merasakan sakit sama sekali. Di rumah saya biasa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. saya mengecat rumah dan memasang ubin lantai biasa dilakukan," ujar nenek yang menjadi defender ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar